Minggu, 27 Maret 2016

3.3. Undo and Redo

Undo digunakan untuk membatalkan atau mengulang perubahan satu langkah ke belakang pada saat mengambar, sedangkan Redo mengembalikan perubahan satu langkah ke depan atau dengan kata lain membatalkan perintah Undo. Undo dan Redo dapat dilakukan berulang kali secara berurutan sesuai kebutuhan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan Undo dan Redo:
-

3.3.1.  Undo

  • Melalui Menu Bar, klik Edit => Undo
  • Menggunakan Mouse, klik kanan => Edit =>  Undo
  • Menggunakan Keyboard, tekan Ctrl+Z atau Shift+Ctrl+Y
 -

3.3.2.  Redo

  • Melalui Menu Bar, klik Edit =>Redo
  • Menggunakan Mouse, klik kanan => Edit => Redo
  • Menggunakan Keyboard, tekan Ctrl+Y atau Shift+Ctrl+Z

Catatan

  • Pada saat Anda melakukan Undo atau Rendo beberapa kali kemudian melakukan operasi lain (misal; menggambar), maka secara otomatis beberapa kali operasi yang sudah dilakukan sebelumnya secara otomatis akan terhapus atau Anda tidak akan dapat melakukan Undo atau Redo operasi tersebut. Solusi untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan duplikat gambar dan kemudian modifikasi gambar hasil duplikat tersebut, sehingga gambar asli masih tetap ada.

Jika Anda sering melakukan Undo dan Rendo untuk mengulang perubahan pada operasi tertentu, lebih baik gunakan fitur Undo History pada kelompok Dock Layer, Channels, Paths and Undo dengan melakukan klik ikon Undo sesuai operasi yang akan dibatalkan.
-
-
-
Dialogs and Docking
GIMPLite Quickies
-
-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Blog ini berisi Tutorial dasar penggunaan Aplikasi Grafis OpenSource berbahasa Indonesia, namun Antarmuka Aplikasi yang digunakan masih memakai Antarmuka Bahasa Inggris mengingat Antarmuka Bahasa Indonesia yang diterjemahkan Tim penerjemah BlankOn belum sempurna. Email: Manual.grafis@gmail.com